top of page

2020 in a Flash

Updated: Jan 28, 2021

­Dear Valued Clients and Partners,


Tahun 2020 merupakan tahun yang penuh tantangan. Pandemi COVID memaksa perubahan sikap yang sangat drastis, baik dari kebijakan pemerintah, ekonomi, kesehatan maupun bisnis.


Keramaian yang dulu dicari, kini menjadi sesuatu untuk dihindari, sehingga berbagai event terpaksa ditiadakan. Pola konsumsi media pun berubah signifikan, mengikuti perubahan kebiasaan dan kegiatan audience yang cenderung lebih banyak beraktifitas di rumah atau secara remote.




Menyikapi perubahan habit "New Normal" itu, Mercury Media Group menghadapi 2020 dengan berbagai strategi yang telah disesuaikan dengan kebiasaan baru:

  • Aplikasi streaming OnEars, available di AppStore maupun PlayStore, memudahkan pendengar mengakses live streaming, berinteraksi, maupun konten podcast eksklusif dari station-station Mercury Media Group di manapun dan kapanpun.




  • Topik konten yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, seperti

    • Kesehatan: Mercury FM hadir dengan "Rumah Sehat", program talkshow yang membahas berbagai topik kesehatan aktual, bekerjasama resmi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Setiap talkshow juga dihadirkan dalam bentuk podcast, available dalam OnEars. Inisiatif ini diapresiasi dan diberi penghargaan oleh KPID. Selain itu, banyak Insert Tips Sehat yang disiarkan di beberapa station Mercury Media Group. (Link)



  • UMKM: Besarnya dampak pandemi terhadap ekonomi menyebabkan semakin banyak pekerja mulai mencoba side business / entrepreneurship dalam skala kecil. Mercury FM bekerjasama dengan @indonesiabrandactivist untuk menghadirkan program Beranda Brand, di mana berbagai strategi bisnis UMKM dan brand-brand lokal ternama dibahas bersama guest speakers. Juga available on podcast.


  • Gaming: Trend gaming, terutama mobile gaming di kalangan anak muda, meningkat pesat di 2020 seiring perubahan lokasi aktifitas belajar mengajar dari sekolah menjadi rumah masing-masing. DJFM menjawab kebutuhan akan informasi dan kompetisi gaming melalui program regular talkshow Ngobrag dan Gigabyte, yang disajikan tidak hanya melalui On-Air tapi juga Online secara visual di Instagram dan Youtube. Bekerjasama dengan Dranix sebagai Top E-Sports Professional Team di Surabaya, DJFM juga mengadakan DJFM x Dranix FreeFire Tournament, dalam format Online maupun Offline. (Link)



  • Melakukan internal kolaborasi dengan seluruh radio dalam jaringan Mercury Media Group yang tersebar di kota – kota besar Jawa Timur dalam bentuk sebuah program bernama Mercury Radiomagz yaitu program yang disiarkan serentak di hari dan jam yang sama , berisikan lintas informasi aktual dari kota – kota tempat radio Mercury Media Group berada, dengan harapan bisa menyajikan informasi yang lebih variatif, lengkap dalam jangkauan yang lebih luas. (Link)


  • Format Talkshow, menjadi social media oriented: Live IG Talkshow, maupun Zoom Webinar dengan Public Figures. (Link)

  • dan banyak lagi lainnya, bisa dilihat di Kaleidoskop 2021 terlampir.

Kaleidoskop 2020
.pdf
Download PDF • 3.34MB

Menghadapi 2021, apa saja trend audience dan strategi Mercury Media Group? Lihat di link berikut: https://www.mercurygroup.co.id/post/kickstarting-2021


Recent Posts

See All
bottom of page